Blog KHOIRUL UMAM, LINK : PENDMA JATIM, PENDMA KAB. MALANG, PAIS KAB. MALANG, PENDMA DAN PAIS KAB. KEDIRI, KEMENAG PUSAT, PGRI, UIN MALANG,etc.

Kamis, 04 Juli 2013

SOSOK PEMIMPIN MASA KINI YANG BANYAK DIGANDRUNGI

JOKOWI, merupakan figur yang lagi banyak digemari banyak orang. Terlepas dari pro kontranya, kita harus mengakui bahwa sosoknya adalah figur yang banyak "didamba" oleh masyarakat luas. Perlu rasanya "Jokowi" dijadikan sebagai satu jenis "style kepemimpinan".
Beberapa hal yang nyata bisa kita analisa dari Style Jokowi, adalah sebagai berikut:
  1. Apa adanya. Penampilannya jauh dari "Jaim", jauh dari gaya kemunafikan. Tampil apa adanya bukanlah hal yang sulit, bila kita mau melakukannya.
  2. Murah senyum. Sejauh ini, ketika kita melihat sosok Jokowi di TV, dalam menanggapi apa saja, baik yang serius, sepele, berat atau ringan, semuanya dihadapi dengan senyuman. Inipun mudah.
  3. Cepat Tepat. Mungkin ini yang agak sulit diikuti oleh banyak pemimpin kita. Memutuskan sesuatu dengan cepat, namun tepat dalam memutuskannya, kendati pasti ada pihak pro dan kontra, namun Jokowi pun maju tak gentar.
  4. Tegas namun Humanis. Kebijakannya sangat tegas. Bila harus digusur ya digusur. Tapi sisi kemanusiannya pun  masih ditunjukkannya.
  5. Gila kerja. Bahkan, tidak masuk kerja di hari minggu pun masih izin. Sebagaimana khalifah Abdul Aziz yang pernah menawari istrinya untuk dicerai atau dikunjungi jarang-jarang, lantaran sadar bahwa tugas pemimpin adalah memperhatikan ummatnya, bukan "hanya" keluarganya.
  6. Dicintai. 
Paling tidak, kalau kita telah memiliki 6 hal tersebut, kita bisa dijuluki pemimpin yang "NJOKOWI". Dalam bahasa Gaulnya, "Njokowian Coy". So. Let's go to the "Jokowi Style". (Kh.Umam)

Tidak ada komentar: